Tips Memulai dan Mengembangkan Bisnis Untuk Pemula

0 1,606

Bisnis yang bagus adalah bisnis yang dimulai, bukan bisnis yang ditanyakan terus. Quotes dari Alm. Bob Sadino ini adalah motivasi bagi kita yang ingin memulai bisnis. Seringkali kita terlalu banyak mikir saat mau mulai bisnis. Apakah bisnis yang akan dijalankan bagus atau tidak, menguntungkan atau tidak, nanti kalau rugi bagaimana dan sederet pertanyaan lainnya yang bergentayangan dalam pikiran kita.

Walhasil karena terlalu banyak mikir bisnisnya gak pernah dibuka

Jadi, sahabat entrepreneur, kalau sudah punya ide bisnis segera eksekusi. Terus nanti kalau rugi bagaimana, lah masih kebanyakan mikir juga… Pahami ya, dunia bisnis itu dunia ketidakpastian, kalau mau yang pasti pasti ya jadi karyawan atau pegawai saja, jelas pastinya, pasti gajian tiap bulannya.

Inget ya, Salah satu konsekuensi  masuk dunia bisnis adalah harus siap mental, siap untung dan siap rugi. Karena hal itulah, jumlah entrepreneur di Indonesia itu jumlahnya Cuma sedikit, karena gak banyak yang punya keberanian memasukinya.

1. Modal Awal Memulai Bisnis Adalah Keberanian

Yes, kamu gak salah baca. Modal awal memulai bisnis itu bukan uang, bukan jaringan, bukan pengetahuan dan lain sebagaimanya, tapi keberanian. Percuma kamu punya uang, punya jaringan, dan punya pengetahuan tentang bisnis tapi gak punya keberanian untuk memulai. Gak bakal buka-buka, gak bakal jalan tuh bisnis.

Kumpulkan keberanian dan segera buat keputusan. Ayunkan langkah, segera mulai, segera buka bisnismu sekarang!. Ya sekarang, bukan nanti apalagi besok. Kalau sudah dibuka terus selanjutnya Gimana?? Mikir…. Ya mikir. mikir bagaimana produksi, mikir bagaimana supaya bisnismu makin besar, mikir bagaimana supaya penjualanmu laris, mikir bagaimana membangun team, mikir bagaimana buka cabang, mikir…

2. Jadilah Seorang Pembelajar

Quotes Bisnis

Memulai bisnis butuh keberanian tapi untuk mengembangkannya butuh kemampuan. Disinilah seorang entrepreneur dituntut untuk terus belajar, meningkatkan kapasitas dirinya. Pengetahuan, keterampilan, dan attitude nya dalam mengelola bisnis harus terus ditingkatkan, diasah, dilatih.

Masalah yang timbul saat mengelola bisnis seringkali disebabkan karena kapasitas diri yang rendah. Bukan masalah yang terlalu besar untuk dihadapi, tapi kapasitas diri yang terlalu kecil untuk menyelesaikannya. Untuk itulah, seorang entrepreneur harus menjadi seorang pembelajar.

Bacalah buku-buku, ikuti seminar dan pelatihan, untuk mengembangkan pengetahuan dan skill bisnis kita. Dan jika ingin bisnisnya berkembang lebih cepat milikilah seorang mentor bisnis. Stidaknya ada 5 alasan kenapa kita harus memiliki seorang mentor bisnis yaitu,

  1. Mereka akan memberikan wawasan kepada kita tentang pengalamannya yang luas, sehingga kita memiliki gambaran saat melangkah kedepan
  2. Mereka akan mendeskripsikan ide-ide kita dalam format yang lebih jelas berdasarkan intuisi bisnis mereka di lapangan
  3. Mereka akan meberikan pandangannya tentang apa yang kita lakukan sehingga membuat kita lebih yakin dan penuh energy dalam melakukannya
  4. Mereka selalu siap menyediakan jawaban atas banyak pertanyaan dan memberikan saran yang kita perlukan
  5. Mereka bersifat “independen”, tidak memiliki kepentingan khusus atas apa yang sedang kita lakukan, sehingga masukan dan arahannya sangat netral.

Itulah alasan kenapa kita membutuhkan seorang mentor. Kita butuh bantuan mereka. Carilah orang yang sudah terbukti sukses dalam membangun bisnis mereka sendiri. Belajarlah darinya, mintalah bimbingannya.

3. Jangan Pernah Menyerah, Never Give Up

Dalam membangun bisnis kita akan melalui proses jatuh bangun dan ujian yang datang silih berganti. Bersabarlah, jangan bersedih. Semua pebisnis besar, para pengusaha sukses pernah mengalaminya. Terimalah, sadarilah bahwa semua itu adalah bagian dari proses untuk membuat diri kita menjadi lebih kuat, lebih hebat. Maka jangan pernah menyerah pada keadaan, teruslah berusaha, teruslah tumbuh.

Justru Anda harus waspada kalau perjalanan bisnis Anda ayem tentrem, nyaman, tenang, dan tak ada cobaan.  Karena bisa jadi kondisi seperti itu adalah awal menurunnya bisnis Anda. Kalau di ibaratkan perjalanan bisnis itu seperti bersepeda, saat Anda tak perlu mengayuh, itu pertanda jalan sedang menurun. Namun, bila anda harus mengayuh, itu pertanda Anda sedang menanjak menuju puncak.

Sahabat gen hebat, demikianlah tips yang dapat kami sampaikan. Selamat memulai perjalanan bisnis Anda, kami doakan semoga bisnismu terus tumbuh dan berkembang, berkah dan manfaat untuk banyak orang. Selamat berjuang…

Leave A Reply

Your email address will not be published.