Pentingnya Menentukan Target Dalam Bisnis

0 1,099

Pada tahun 1953 Universitas Byle melakukan penelitian pada mahasiswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa banyak mahasiswa yang memiliki target-target yang jelas untuk meraih masa depan hidup mereka dan memiliki langkah-langkah yang terencana dengan benar untuk mencapai target-target tersebut.

Dari penelitian tersebut diperoleh data bahwa hanya tiga persen mahasiswa tingkat akhir yang memiliki target masa depan berikut langkah-langkah rencana untuk mencapainya. Dua puluh tahun kemudian dilakukan survey kepada para mahasiswa yang diteliti tadi. Hasilnya, 3% mahasiswa yang memiliki target masa depan dan langkah-langkah yang terencana untuk mencapainya memiliki penghasilan yang setara dengan 97% mahasiswa yang tidak memiliki target.

Penelitian ini menunjukkan kepada kita betapa pentingnya menentukan target. Baik dalam kehidupan pribadi maupun bisnis, dalam lingkup individu maupun organisasi.  Untuk lebih memahami mengapa kita harus menentukan target, mari kita simak quotes inspiratif tentang pentingnya menentukan target berikut ini

“Jika Anda tidak tahu mau pergi kemana, maka jalan apapun yang Anda tempuh tidak akan mengantarkan Anda kesana.”

Pentingnya menentukan Target Bisnis

Sebelum kita menyibukkan diri dengan berbagai pekerjaan atau memilikirkan langkah-langkahnya, tentukanlah terlebuh dahulu target yang ingin Anda capai. Mengapa? Agar Anda memiliki tujuan yang jelas, arah yang jelas kemana Anda akan melangkah. Sehingga waktu, tenaga, uang, dan segenap sumber daya yang Anda miliki tidak terbuang sia-siap dan dapat digunakan dengan optimal, efektif dan efisien.

Untuk menggambarkan hal tersebut saya memiliki sebuah cerita menarik. Suatu hari seorang pengusaha muda tampak berdiri di pinggir jalan, ia sedang mencari taksi untuk ia gunakan berjalan-jalan mengisi waktu liburnya. Kebetulan waktu itu belum ada aplikasi online seperti gojek, grab, atau sejenisnya. Setelah lama berdiri ditemu jalan ia melihat taksi yang kosong, dengan suara yang lantang pengusaha muda ini berteriak langtang, “Taksi!!!”. Taksipun berhenti tepat di depan si pengusaha muda.

Setelah berhenti, Si sopir taksi keluar dan membukakan pintu taksinya kemudian mempersilahkan pengusaha muda itu masuk. Setelah pengusaha muda masuk si sopir taksi menutup pintu dan kembali ke posisinya, lalu, ia bertanya ke si pengusaha muda, “mau diantar kemana pak?”. Si Pengusaha Muda pun menjawab, “Terserah bapak”. Mendengar jawaban tersebut si sopir taksi agak kaget kemudian kembali bertanya, “Mau diantar kemana ya pak?”. Namun, ternyata ia mendapatkan jawaban yang sama dengan sebelumnya

Si sopir taksi bingung, dalam pikirannya ia menduga-duga, jangan jangan penumpangnya ini sedang stress berat atau lagi gagal move on. Namun pikiran-pikiran tersebut ditepisnya, kemudian ia kembali bertanya kepada si pengusaha muda, “Mohon maaf pak, bapak punya uang berapa?”. Si Pengusaha muda pun menjawab, “lima ratus ribu pak”. Mendengar jawaban tersebut si sopir taksi pun berkata, “oke pak, kalau begitu kita lets go”, kemudian menghdupkan taksinya dan melaju.

Taksi terus melaju berekeliling tak tentu arah, ketika argo di taksi menunjukkan angka 500 ribu, taksipun berhenti. Si sopir taksi meminta bayarannya dan mempersilahkan pengusaha muda tersebut untuk turun. Pertanyaanya, Dimanakah Pengusaha Muda terebut diturunkan? Apakah sahabat entrepreneur bisa menjawabnya?. Tempat turunnya gak jelas bukan, pokonya terserah si sopir taksinyalah ya 😀

Apa pelajaran yang bisa kita ambil dari cerita terbut? Kalau kita tidak memiliki target yang jelas, sasaran yang jelas, tujuan yang jelas, hal tersebut akan membuat orang jadi bingung, team bingung, akibatnya apa? Tenaga, waktu, pikiran, uang, dan sumber daya yang kita miliki menjadi terbuang sia-sia gak ada manfaatnya untuk pencapaian hidup dan bisnis kita.

target bisnis

“Tujukanlah selalu pandangan anda kearah sasaran, berangkatlah dari sana. Jangan mengarahkannya pada jenis aktivitas atau perangkat yang Anda butuhkan agar Anda tidak tersesat di jalan.” Target itu harus kaku tapi cara untuk mencapainya fleksible, jangan dibalik.

quotes tentang target

“Jika langkah-langkah kita tidak memiliki target, maka kita akan kehilangan arah dan tersesat.”

Pastikan selalu bahwa target-target Anda menjadi titik tolak dari semua kegiatan dan aktivitas yang Anda lakukan. Bukan sebaliknya kegiatan dan aktivitas Anda yang justru menentukan arah dan target Anda. Arahkan selalu pandangan Anda ke arah target, bertolaklah dari target tersebut.

“Sesuatu yang tidak dapat Anda ukur, Tidak Dapat Anda Atur (Manage)”

target harus smart
Target yang kita miliki harus memiliki ukuran yang jelas, jelas kapannya, jelas jumlahnya. Hal tersenut akan memudahkan kita dalam melakukan evaluasi dan menentukan lankah langkah strategis selanjutnya. Target Anda harus SMART yaitu,
  • S – Specific – Significant, Stretching, Simple
  • M – Measurable – Meaningful, Motivational, Manageable
  • A – Attainable – Appropriate, Achievable, Adjustable, Ambitious, Aligned, Action-focused
  • R – Relevant – Result-Based, Results-oriented, Resourced, Resonant, Realistic
  • T – Timely – Time framed, Timed, Time-based,  Time-bound, Time-Specific, Timetabled
Beberapa orang senang menambahkannya dengan akhiran ‘ER’ menjadi ‘SMARTER’. E = Enjoyable, R = Relevant.
mengapa menentukan target
Sahabat Entrepreneur, demikianlah penjelasan mengapa kita harus menentukan target dalam menjalankan bisnis yang kita miliki. Tingkatan target yang kita bangun akan menentukan kemampuan dan keterampilan apa yang harus kita miliki.
Tim kerja yang memiliki target yang tinggi dan masih dalam jangkauan kemampuan mereka mampu menghasilkan sesuatu yang lebih baik dari tim kerja yang hanya bekerja berdasarkan arahan-arahan umum yang tidak jelas. Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi, semoga bermanfaat

Leave A Reply

Your email address will not be published.