Tips Meningkatkan Omset Bisnis di Era Teknologi Informasi

  • Whatsapp
instagram

Berdasarkan hasi survey mengenai penetrasi dan perilaku pengguna internet Indonesia yang dilaksanakan oleh APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) tahun 2017, penetrasi pengguna internet Indonesia telah mencapai 143,26 Juta jiwa dari total populasi penduduk Indonesia 262 juta orang, dengan komposisi pengguna internet 48,57% perempuan dan 51,43% laki laki.

Perkembangan Teknologi Informasi, khususnya Internet yang begitu pesat, telah mengubah perilaku social ekonomi masyarakat, mulai cara berkomunikasi sampai transaksi jual beli.

Kini hanya dengan menggunakan smarphone dan internet, kita dapat membeli barang yang kita mau, tanpa harus pergi ketokonya secara langsung.

Bagi para pelaku bisnis, perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat ini merupakan tantangan sekaligus peluang. Tantangan tersebut harus disambut dengan kesiapan sumber daya manusia dan teknologi.

SDM harus dibekali dengan knowledge dan skills untuk dapat menggunakan teknologi informasi secara efektif dan efisien untuk meningkatkan proses bisnis dan meraih peluang pasar.

Proses bisnis yang dilakukan harus sudah mulai memanfaatkan teknologi informasi untuk menjangkau pasar yang lebih besar, dengan demikian para entrepreneur dan UKM di pelosok desa sekalipun akan mampu bersaing, memasarkan produk dan jasanya secara nasional bahkan secara global yang akan berdampak pada meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan.

Lalu, apa yang harus dilakukan agar mampu bersaing dan menangkap peluang bisnis di era teknologi informasi seperti saat ini?

Mindset pengusaha sukses

Pertama, Jadilah pembelajar cepat. Untuk dapat memenangkan persaingan dan menangkap peluang pasar, Anda dan tim harus menjadi pembelajar cepat dan siap berubah.

Upgrade pengetahuan, pelajari keterampilan (skills) yang dibutuhkan untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi secara maksimal. Ingat, mereka yang telat belajar dan telat berubah akan ketinggalan zaman.

Kedua, Investasi teknologi. Beli atau buatlah perangkat teknologi yang dibutuhkan untuk dapat memasuki pasar seperti Smarphone, Laptop, Koneksi Internet, Softwere, App, dll sebagai sarana untuk mengelola proses bisnis Anda.

Manfaatkan social media, website, dan berbagai teknologi yang ada di internet untuk melipatgandakan jangkauan bisnis yang Anda miliki.

Ketiga, Jangan cepat puas. Terus lakukan perbaikan (continuous improvement), biaakan diri untuk melakukan evaluasi perbaikan secara berkala terhadap capaian dan aktivitas yang dilakukan. Anda harus bisa memastikan bahwa Anda di jalur yang benar dan terus bertumbuh.

Brainy Quotes : “Every time there’s a new tool, whether it’s internet or cell phones or anything else, all these things can be used for good or evil. Technology is neutral; it depends on how it’s used.” Rick Smolan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *