Mengapa Blog Kamu Sepi Pengunjung? 3 Hal ini Bisa Jadi Penyebabnya

0 242

Blog yang ramai pengunjung menjadi impian setiap blogger. Semakin ramai pengunjung semakin besar peluang untuk mendapat penghasilan dan mendatangkan manfaat. Namun seringkali “Jauh panggang dari api”, ada gap yang sangat besar antara impian dengan kenyataan.

Sudah posting banyak artikel di blog, tapi pengunjungnya masih aja tetap sepi.  Apakah hal tersebut temen-temen rasakan? Jika jawabannya “Ya”, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Hal yang perlu temen-temen ketahui adalah bahwa banyaknya artikel yang kita posting di blog tidak serta merta menjadikan blog yang kita miliki menjadi ramai pengunjung.  Setidaknya ada tiga hal yang menyebabkan  mengapa blog sepi pengunjung?

1. Konten Blog tidak berkualitas atau biasa aja

Ada ungkapan yang menyatakan “Content is the king” yang menggambarkan bahwa konten adalah factor yang sangat menentukan nilai dari blog yang temen-temen miliki. Kalau konten yang temen-temen buat tidak berkualitas, biasa aja dan tidak memiliki nilai lebih dibandingkan konten-konten yang ada di blog lain, wajar kalau blogmu jadi sepi.

Ada beberapa fakta yang perlu temen-temen tahu tentang dunia blogging. Berdasarkan Data dari  Growth Badger disebutkan bahwa saat ini (2020) ada lebih dari 600 juta blog aktif di dunia, lebih dari 2 miliar postingan diterbitkan setiap tahun, sekitar 5.760.000 postingan baru terbit setiap hari. Dari data tersebut tergambar betapa pentingnya kita membuat konten yang berkualitas, untuk memenangkan persaingan.

Lalu, apa ciri konten yang berkualitas? Sebuah konten dikatakan berkualitas jika memiliki bobot yang lebih tinggi dibanding dengan yang lainnya,  dilengkapi dengan data dan fakta yang terpercaya, penyajiannya tidak membosankan, memberikan informasi yang bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai panduan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi pembaca.

Bagaimana Cara Membuat Konten Yang Berkualitas? Silahkan baca Artikel “Membuat Konten Berkualitas yang Mampu Populer dalam Topik Apapun dengan Metode KTP” dari panduanim.com, dijelaskan dengan sangat gamblang dan bisa langsung dipraktekkan.

2. Blog atau Konten Tidak Dipromosikan

Sebaik dan seunggul apapun konten yang temen-temen buat tidak akan ada yang baca kalau temen-temen tidak menyebarkan atau mempromosikannya. Setelah konten berhasil dibuat, tugas selanjutnya adalah menyebarkannya ke seantoro jagad, agar orang-orang tau konten yang temen temen buat.

Sebarkan ke forum-forum dan channel social media yang temen temen miliki. “Content is Fire; Social Media is gasoline.” kata Jay Baer seorang Marketing Expert dan juga pendiri dari Convince & Convert,  ungkapan tersebut menggambarkan kaitan yang sangat erat antara konten dengan social media.

Namun, yang perlu temen-temen pastikan adalah mempromosikan atau menyebarkan konten tersebut ke orang yang tepat dan cara yang tepat. Maksudnya? Jangan asal sebar link, karena gak semua orang butuh konten yang temen-temen buat, salah-salah malah bisa dianggap nyepam.

3. Blog atau artikel belum keindeks di Mesin Pencari

Google Search Console

Salah satu penyebab blog sepi pengunjung adalah karena blog atau postingan belum keindeks oleh search engine atau mesin pencari. Sehingga blog temen-temen tidak bisa ditemukan. Untuk mengecek apakah blogmu sudah sudah keindeks atau belum silahkan search di google dengan format site:namablogmu.blogspot.com atau site:namablogmu.com kalau sudah keindeks maka akan muncul artikel-artikel yang sudah temen-temen tulis.

Trus kalau gak muncul gimana? Silahkan daftarkan blog temen temen ke Google Search Console.

Oke temen-temen demikianlah 3 penyebab mengapa blog sepi pengunjung dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat. O, iya kalau temen-temen punya hal lainnya yang bisa menjadi penyebab sepinya pengunjung blog silahkan tulis di kolom komentar ya. Terimakasih….

Leave A Reply

Your email address will not be published.