Leader Creator

0 1,023

Tugas terbesar seorang pemimpin adalah menjadikan anak-anak buahnya sebagai pemimpin penerus yang mumpuni untuk menjaga keberlangsungan perusahaan. Semakin banyak seorang pemimpin menghasilkan pemimpin lain, maka semakin besar pula kemungkinan organisasi tersebut untuk lebih sukses dan sustainable di masa depan.

Dengan kata lain, perusahaan yang sukses dan sustainable adalah perusahaan yang menjadi “pabrik” yang mampu memproduksi pemimpin secara massal untuk menjadi colective leaders yang akan membawa perusahaan menjadi Giant Leap Organization.

Karena kritikalnya peran pemimpin dalam menghasilkan pemimpin lain ini, maka kemampuan menciptakan pemimpin lain ini menjadi salah satu dari empat kapasitas yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Seorang pemimpin tak cukup hanya visioner, tak cukup hanya menjadi role model melalui kredibilitas dan integritas yang dimilikinya, tak cukup hanya menjadi energy generator dan energy transmitter. Pemimpin yang sesungguhnya juga harus mampu menciptakan pemimpin lain.

Quotes Leadership

Pertanyaannya lalu adalah, bagaimana organisasi kita bisa menjadi mesin kepemimpinan (leader engine) yang ampuh memproduksi banyak pemimpin? Kami melihat bahwa Anda harus memiliki model penciptaan pemimpin (leader creating model) yang mencakup dua aspek yaitu pertama, proses seleksi calon pemimpin (leader selection). Dan Kedua, proses pengembangan pemimpin (leader development). Mari kita kupas satu-persatu.

Proses Seleksi Calon Pemimpin (Leader Selection)

Proses seleksi pemimpin dilakukan dengan mengacu kepada kriteria-kriteria baku kepemimpinan yang telah disepakati organisasi. Kriteria itu terbagi kedalam tiga aspek yaitu

  1. Kesesuaian dengan visi, misi, dan nilai nilai organisasi
  2. Integritas dan kredibilitas dari si calon pemimpin, ini adalah “basic ingredient” dari proses kepemimpinan
  3. Terbentuknya “chemistry” antara pola pikir dan pola tindak si calon pemimpin dengan pola pikir dan pola tindak yang sudah umum berlaku di dalam organisasi.

 

Proses Pengembangan Pemimpin (Leader Development)

Proses pengembangan pemimpin dijalankan dengan mengacu kepada dua aspek yaitu kepada task managment dan talent management. Di sini si kandidat diberi penugasan yang hasilnya akan dimonitor serta dievaluasi dalam periode waktu tertentu. Dari hasil tersebut juga dievaluasi faktor-faktor keunggulan dari para kandidat sehingga dapat diketahui potensinya.

Selama keseluruhan proses tersebut juga dilakukan proses coaching, counseling serta mentoring untuk membina serta mengembangkan para kandidat pemimpin tersebut yang pada akhirnya akan didapatkan pemimpin-pemimpin baru yang kompeten baik dari sisi intelectual quotient (IQ), emotional quotient (EQ) serta spiritual quotient (SQ). (Making The Giant Leap, Stanley S. Atmaja).

Leave A Reply

Your email address will not be published.