Cara Menentukan Target Pasar Yang Tepat Untuk Bisnis Anda

0 1,368

Salah satu klien saya pernah bertanya kepada saya, “Coach saya sudah menyebarkan banyak flyer, pamphlet, dan voucher di tempat ramai. Tapi sampai sekarang yang datang ke salon saya masih sedikit?. Kenapa ya coach?”. Lalu saya Tanya balik, “Target pasar ibu memangnya siapa?”. “Semua perempuan. Coach.” Jawabnya dengan penuh keyakinan

Banyak Pengusaha Pemula memiliki pandangan yang serupa dengan klien saya diatas. Mereka menganggap bahwa semua orang adalah target pasarnya. Padahal sudah sangat jelas, setiap orang tidaklah sama, mereka memiliki kebutuhan dan keiinginan yang berbeda-beda.

Selama kita belum menemukan target pasar yang ideal, maka kita akan terus tersendat dalam masalah penjualan. Ujung-ujungnya, kita malah pasrah dan tertarik dengan bisnis lain yang lebih menghasilkan. Kita menganggap bisnis lain lebih prospektif dan menghasilkan. Bahkan kita menganggap bahwa bisnis yang sedang kita jalankan saat ini bukanlah passion kita.

Ini seringkali terjadi karena kita belum mampu mendefinisikan secara gamblang tentang siapa target pasar kita. Target pasar yang jelas akan menentukan banyak hal,

  • Target pasar akan menentukan bagaimana karakter kita dan produk kita, kantor kita seperti apa, dan bagaimana kita bersikap
  • Target pasar juga akan menentukan bagaimana kita berkomunikasi, event yang kita rancang, Bahasa yang kita pakai untuk promosi, media yang kita pilih untuk iklan dan lain-lain.
  • Target pasar akan menjadi acuan utama sebelum kita merancang strategi marketing yang tepat untuk bisnis kita.

 

“Target Market is very vital in Your business”

Apakah keuntungan yang kita dapatkan jika kita mampu mengenal target pasar kita?

  • Orang yang bisa merumuskan target pasar dengan jelas akan mudah mengetahui dengan siap dia akan berkompetisi. Karena dia dapat mengetahui pihak mana yang telah menyentuh orang-orang yang menjadi target pasarnya.
  • Orang yang mengetahui dengan pasti target pasarnya juga akan dengan mudah menentukan laverage atau pihak yang akan menjadi pengungkit untuk membantu memasarkan produknya. Sehingga dengan sedikit energi dapat menjual banyak.

Bagimana cara menentukan target pasar?

Berikut adalah tips-tipsnya

  1. Siapa orang yang benar-benar membutuhkan produk Anda?Apa ciri-ciri spesifiknya?
  2. Cari tahu apa masalah, siksaan, rasa takut, dan frustasi terbesar mereka yang dapat Anda penuhi dan selesaikan. Apa keinginan mereka? Apa kebutuhan mereka?
  3. Cari tahu dimana biasa mereka ngumpul, baik offline (sekolah, kampus, perkantoran, mall, arisan, pengajian, komunitas, dll) maupun online (facebook, Instagram, pagenya siapa, twitter, followernya siapa, web, market place, dll)
  4. Pikirkan bagaimana cara Anda bisa terakses dan menemukan mereka? Caranya?

Ingat, apapun bisnisnya selalu ada target pasarnya. Kesalahan menentukan target pasar akan menyebabkan keslahan-kesalahan yang lainnya. Segera temukan target pasar ideal Anda sekarang!. (Dewa Eka Prayoga @MotivaTweet)

Leave A Reply

Your email address will not be published.