Cara Memperkecil Ukuran File Video Tanpa Mengurangi Kualitas

0 866

Ukuran file video yang besar tentu akan membuat memori penyimpanan di smarphone atau laptop yang kita miliki akan cepat penuh. Selain itu ukuran file video yang besar juga bisa menyulitkan kita saat mau upload ke youtube atau sekedar membaginya ke media social, loadingnya jadi lebih lama. Terus kasihan juga yang mau nonton di youtube atau sekedar membukanya di WhatsApp, kalau pakai internet gratis sih gak papa, coba bayangkan kalau pakai Kuota internet biasa, bisa cepet habis tuh.

Saya sendiri punya pengalaman saat menerima kiriman file video yang ukurannya besar, lama banget bukanya, jadi boros kuota juga. Hal tersebutlah yang melatarbelakangi saya menulis artikel Cara Memperkecil Ukuran file video Tanpa mengurangi Kualitas ini. Semoga bisa membantu temen temen para youtuber, para guru yang sering share video pembelajaran, dan tentu saja semua orang yang melihat video yang kita share. Mereka akan terbantu, lebih hemat kuota internet, dan lebih cepat diakses.

Ada banyak softwere yang dapat kita gunakan untuk memperkecil ukuran video, tapi yang jadi masalah adalah kadang kualitas videonya jadi buruk, ukuran filenya Cuma berkurang dikit, burem dan lain sebagainya. Dari pengalaman saya, dari sekian banyak softwere yang pernah saya coba untuk mengkompres atau memperkecil ukuran video, Softwere yang satu ini saya anggap yang terbaik, hasilnya mantap, ukuran filenya berkurang hingga 80% dan kualitas videonya masih tetap OK, jernih berkulitas.

Apa nama Softwere nya? Nama softwerenya adalah HandBrake. HandBrake merupakan open source video transcoder yang dapat Anda peroleh secara gratis. Saat artikel ini di tulis tersedia HandBrake terbaru Versi 1.3.2. Softwere ini dapat Anda intall di MacOS, Linux dan Windows. Lebih lengkapnya akan kita bahas pada tutorial berikut ini

Memperkecil Ukuran Video dengan HandBrake

Langkah pertama silahkan kunjungi situs resminya di HandBrake.fr silahkan Klik Disini. Selanjutnya silahkan pilih sesuai perangkat yang Anda gunakan. Bagi pengguna Windows sofwere ini dapat di gunakan di Windows 7, 8.1, dan 10 64 bit. Silahkan di Download lalu install.
HandBrake

Langkah Kedua, setelah berhasil di install silahkan buka program HandBrake lalu pilih “File” untuk memilih video yang akan dikompress atau diperkecil ukurannya.

Cara Kompres Video

Langkah ketiga, Perhatikan Gambar berikut ini. Pada bagian Preset biarkan default atau kalau mau ganti klik untuk memilih ukuran yang lainnya. Pada bagian format tersedia tiga pilihan yaitu MP4, MKV dan WebM silahkan pilih MP4 lalu Centang Kotak Web Optimzed

Langkah keempat, Klik Pada Pagian “Audio” lalu ubah sama sperti gambar berikut ini. Kalau sudah pada bagian Save As klik tombol Browse jika temen-temen ingin mengganti lokasi tempat penyimpanan hasil kompresan videonya.

Langkah Terakhir klik “Start Encode” lalu tunggu prosesnya hingga selesai. Lama proses kompres video tergantung durasi video dan ukuran file yang dokompres. Kalau sudah selesai silahkan cek hasil video yang sudah dikompres di folder tempat menyimpan hasil output seperti yang telah disetting di langkah keempat.

Memperkecil Ukuran File Video

 

Oke temen-temen, demikian tadi Cara Memperkecil Ukuran File Video dengan menggunakan Handbrake. Jika menurut temen-temen informasi ini bermanfaat silahkan share artikel ini. Terimakasih, Tetap jaga kesehatan, sukses selalu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.