Cara Custom Domain Blogger atau Blogspot

0 52

Custom domain blogger adalah mengubah domain blogspot.com menjadi domain .com, .net, .org, .id atau yang lainnya. Sebagai contoh misalnya temen-temen memiliki blog di blogspot dengan alamat namablogmu.blogspot.com, nah dengan custom domain temen-temen dapat mengubahnya menjadi namablogmu.com saja. Dengan melakukan custom domain blog akan tampak lebih professional.

Ada beberapa keuntungan lain yang yang dapat temen-temen peroleh dengan melakukan custom domain blogger, yaitu: alamat blog jadi lebih pendek, mudah diingat, dan jika suatu saat temen-temen memindahkan domainnya ke WordPress self hosting, temen-temen tidak khawatir kehilangan traffic.

Lalu, bagaimana cara melalukan custom domain blogger? Berikut adalah langkah-langkahnya

Mendaftarkan Nama Domain

Untuk melakukan custom domain sebelumnya temen-temen harus memiliki sebuah domain yang sudah didaftarkan dan berstatus aktif. Untuk ekstensi domainnya bisa menggunakan .com, .net, .org, .id atau yang lainnya. Mana yang bagus? Semuanya bagus. Tapi, untuk blog temen-temen saya rekomendasikan gunakan .COM, kalau gak ada baru gunakan yang lain.

Dimana tempat beli domainnya? Ada banyak penyedia layanan domain, temen-temen dapat pilih suka-suka. Salah satu yang saya rekomendasikan adalah rumahweb.com. Saya sudah lama menggunakan layanan miliki mereka, servicenya bagus. Berikut adalah cara mendaftarkan domain di rumahweb.com

Langkah #1, kunjungi rumahweb.com lalu masukkan nama domain yang ingin didaftarkan pada kolom yang disediakan lalu klik tombol “search”, lihat tanda panah pada gambar berikut.

Langkah #2, Setelah klik tombol “search” selanjutnya akan muncul hasil pencarian domain seperti tampak pada gambar berikut. Domain yang masih tersedia ditandai dengan warna hijau. Klik tombol “daftar” yang ada disamping kanan nama domain, lalu klik tombol “Lanjutkan”
Hasil Pencarian Domain
 Langkah #3, setelah klik tombol lanjutkan temen temen akan mendapatkan penawaran apakah akan membeli hosting juga atau membeli domain saja. Untuk keperluan Custom domain blogger silahkan pilih “Beli Domain Saja”.
layanan rumahweb
 Langkah #4, Membuat informasi akun dan billing. Jika temen-temen belum pernah mendaftar silahkan mendaftar terbih dahulu. Klik Tombol “Daftar Menggunakan Email” untuk membuat akun di rumahweb. Lengkapi data yang diminta.
membuat akun
 Langkah #5, Pilih metode pembayaran. Ada dua metode pembayaran yang yang ditawarkan, yaitu metode pembayaran instan dan transfer bank. Jika menggunakan metode pembayaran instan domain langsung aktif tanpa harus melakukan konfirmasi pembayaran. Jika menggunakan metode transfer bank biasa domain baru aktif setelah melakukan konfirmasi pembayaran. Untuk pembayaran instan ke virtual Account bank dikenakan tambahan biaya Rp 3600. Pada contoh tutorial ini saya menggunakan pembayaran instan biar langsung aktif.
Langkah #6, Setelah memilih metode pembayaran, selanjutnya klik tombol “Check Out”, jangan lupa berikan tanda centang pada “Saya menyatakan telah menyetujui SLA, AUP, Perjanjian Layanan Web Hosting, dan Kebijakan Privasi”. Lihat gambar
Check out
 Lahkah #7, Lakukan pembayaran. Jika temen-temen menggunakan metode pembayaran instan domain akan langsung aktif tampa harus konfirmasi. Tapi, jika temen temen menggunakan metode transfer bank biasa silahkan konfirmasi pembayaran terlebih dahulu agar domain aktif.
Oke temen-temen sampai disini kita sudah berhasil mendaftarkan domain yang akan digunakan untuk custom domain blogger atau blogspot. Selanjutnya kita akan masuk ke tahap berikutnya

Memasang Domain di Blog

Setelah domain berhasil di daftarkan dan status domainya sudah aktif, selanjutnya kita akan memasangnya di blog agar domainnya bisa diakses.  Yuk kita mulai saja prosesnya
Langkah #1, Silahkan login ke dashboard blogger. Jika belum tau caranya login ke dashboard blogger silahkan baca Tutorial Lengkap Mengelola Web Blogger 2020 disitu ada cara bagaimana caranya
Langkah #2, setelah masuk ke halaman dashboard blogger silahkan pilih menu SetelanDasar — stelah itu klik “+ Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda“, lihat gambar berikut
Langkah #3, masukan nama domain ke kolom yang disediakan. Jangan luma tambahkan www. di depan nama domain. Jadi kalau nama domainnya gurubeken.com, tambahkan www didepannya menjadi www.gurubeken.com, kalau sudah klik tombol “simpan”
Custom domain
Langkah #4, teman-teman akan diminta untuk melakukan setting DNS. Ada dua DNS Record yang nanti akan kita pasang di pengaturan DNS domain. Perhatikan tulisan yang diberi kotak merah pada gambar berikut.
Langkah #5, silahkan ke https://clientzone.rumahweb.com/ lalu login dengan menggunakan email dan password yang tadi digunakan untuk mendaftarkan domain. Setelah masuk ke halaman member area rumahweb silahkan pilih menu “my domain”, lihat gambar
Langkah #6, Klik “Manage Domain” lihat gambar berikut
Kelola Domain
Langkah #7, Klik menu “DNS Management”
Langkah #8  jika muncul pesan Domain belum terdaftar sistem DNS klik tombol “START” lalu klik tombol “UPDATE” stelah itu silahkan klik “Add New Record”
Langkah #9 Masukkan DNS Record yang yang diberikan oleh blogger pada Langkah #4 lihat gambar berikut ini
DNS Record pertama
DNS Record kedua
Setelah menasukkan DNS record klik tombol “Add Record”, untuk menambahkan DNS record baru silahkan klik  “Add New Record” lagi
Langkah #10 selain kedua DNS record diatas temen-temen harus memasukan 4 DNS record lagi agar domain temen-temen juga dapat diakses tanpa www. ke empat DNS record yang harus ditambahkan tersebut berupa IP or Hostname berikut ini
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
Untuk menambahkannya silahkan klik “add new record” lalu ikuti pentunjuk berikut ini
Pada kolom Domain kosongkan saja, TTL biarkan default 14400, Record Type pilih A, pada kolom IP or Hostname masukan 216.239.32.21 kalau sudah klik tombol “add record”. Ulangi langkah yang sama untuk 3 IP or Hostname lainnya.
Langkah #11 silahkan kembali lagi ke halaman dashboard blogger setelan — dasar, klik tombol “simpan”. Kadang perlu waktu sampai domain bisa disimpan, pengalaman saya perlu sekitar 30 menit – 1 jam, kadang lebih cepat.
Langkah #12 selamat sekarang temen temen sudah berhasil melakukan custom domain. Tampilan jika berhasil akan seperti gambar dibawah ini. klik “edit” lalu beri tanda centang pada “Alihkan namablogmu.com ke www.namablogmu.com”
Oke temen-temen demikianlah cara Custom Domain Blogger atau Blogspot, jika ada hal yang perlu ditanyakan silahkan tuliskan di kolom komentar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.