6 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Hutang

0 2,109

Sahabat Entrepreneur… Berbicara tentang buka bisnis, banyak orang yang langsung berhenti langkahnya karena merasa tidak memiliki modal untuk memulainya.

“Saya sebenarnya pengen jadi pengusaha, tapi saya tidak punya modal…”

Begitulah kira-kira komentar dari rata-rata pemula yang ingin buka bisnis. Klasik memang, tapi mau bagaimana lagi, kebanyakan dari mereka selalu menjadikan modal sebagai alasan kenapa mereka belum juga buka bisnis.

Lalu apa saja modal yang bisa kita gunakan saat buka bisnis?

  1. Modal Kekayaan Intelektual. Contohnya ide, kecerdasan, pengetahuan, kreativitas, pendidikan, inovasi, nama baik, popularitas, dan lain-lain.
  2. Modal Jaringan. Contohnya pertemanan, kelompok, asosiasi, member, MLM, dan lain-lain
  3. Modal Informasi. Contohnya Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Media, Iklan, dan lain-lain
  4. Modal Uang. Contohnya Uang, property, tanah, dan lain-lain

Kalaupun kita tidak memiliki modal-modal di atas, akal kita masih tidak terbatas untuk menjangkau ide-ide brilian nan luar biasa yang bisa kita jalankan. Diantaranya,

1. Jual barang berharga yang Anda punya

Sekarang anda punya barang berharga apa saja yang bisa dijual? Barang berharga yang saya maksud bukan “itu” ya, tapi memang benar-benar barang berharga. Kalau memang Anda serius, jual segera! Gunakan uang hasil penjualan barang berharga tersebut sebagai modal bisnis Anda.

2. Jual produk orang lain dulu

Awal-awal tak apa jadi reseller atau dropshipper produk orang lain. Profit yang kamu dapat silakan ditabung dan gunakan untuk buka bisnis yang kamu idam-idamkan. Dan jangan anggap remeh status Reseller/Dropshipper, dengan bantuan media sosial, marketplace, atau teknik promosi online lainnya, akan bisa membuat siapa saja memperoleh income puluhan juta per bulan. Saya bisa bilang seperti ini karena saya punya beberapa kenalan yang memilih fokus menjadi Reseller/Dropshipper dan berpenghasilan 5-10 juta/bulan.

3. Jadi penengah atau konektor

Jika ada orang yang butuh “A”, dan kamu tahu bahwa si C memiliki “A”, maka hubungkan mereka. Dapatkan komisi dari sana.

4. Jual ide

Kamu buat coret-coretan 1 lembar kertas berisi Business Model Canvas atau gambaran bisnis berupa Business Plan. Kamu datangi investor atau orang kaya yang siap danai usahamu. Yakinkan mereka bahwa bisnismu benar-benar prospektif dan layak untuk didanai.

5. Ikut Perlombaan

Kalau Anda masih mahasiswa, ada banyak peluang di kampus sana yang menawarkan perlombaan-perlombaan tentang kewirausahaan. SIlahkan Anda ikuti. Dapatkan modal dari perlombaan tersebut.

6. Buka  Sistem pre-order

Jual dulu produknya, baru dibuat. Uang akan masuk ke Anda dulu. Stelah uang masuk ke rekening Anda, gunakan uang tersebut untuk memproduksi produknya. Tanpa modal kan?

“Kalau pinjam uang ke bank atau ke teman bagaimana?”

Hmm… kami sarankan jangan. Mental Anda belum tentu kuat menerima cercaan, makian, dan tekanandisaat Anda tidak mampu membayarnya nanti.

Bayangkan saja, jika Anda tidak mampu membayarnya…

  • Pinjam ke bank, nggak bisa bayar, dikejar-kejar debt collector
  • Pinjam ke teman, nggak bisa bayar, dikucilkan
  • Pinjang ke saudara, nggak bisa bayar, dimaki-maki
  • Pinjam ke bos, nggak bisa bayar, malah disuruh kerja terus-terusan, karena udah terlanjur ada tanggungan
  • Pinjam ke mertua, nggak bisa bayar, dipecat jadi mantu he he he…

“Hutang itu pasti. Penghasilan dari bisnis itu tidak pasti. Membayar sesuatu yang pasti dengan sesuatu yang tidak pasti adalah sebuah KEBODOHAN”

Dikutip dari buku Dijamin Penghasilan 10 Juta per bulan karya Dewa Eka Prayogoga. Dengan beberapa penyesuaian. Semoga bermanfaat

Leave A Reply

Your email address will not be published.