5 Komunitas Bisnis dan Pengusaha Terbesar di Indonesia

0 1,608

Bergabung dengan sebuah komunitas bisnis memiliki banyak manfaat, diantaranya, memperluas jaringan dan kemitraan, mendapatkan ide, ilmu, dan pengetahuan, serta memberi anda peluang dan kesempatan untuk belajar  dari para member lainnya, tentang bagaimana mereka mengelola dan mengembangkan bisnisnya. Hal ini tentu akan membantumu mengekselerasi bisnis yang kamu jalankan.

Selain beragam manfaat yang disebutkan di atas, Bergabung di komunitas bisnis dapat membuatmu lebih bersemangat untuk mencapai kemajuan, kamu akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki minat yang sama, orang-orang dari berbagai latar belakang bisnis. Melalui komunitas kamu akan belajar banyak hal. Kamu bisa belajar dari pengalaman bisnis setiap anggota komunitas.

Saat ini banyak sekali komunitas bisnis yang bisa kamu ikuti, dari komunitas yang skalanya lokal sampai komunitas nasional, bahkan internasional. Mulai dari komunitas UKM sampai komunitas pengusaha multinasional. Berikut ini 5 diatara komunitas bisnis yang bisa kamu ikuti

Tangan di Atas (TDA)

logo tda

Komunitas Bisnis Tangan Di Atas (TDA) adalah salah satu komunitas wirausaha terbesar di Indonesia, wadah bergabungnya para wirausahawan Indonesia. TDA didirikan pada bulan Januari tahun 2006 oleh Badroni Yuzirman dan 6 pengusaha lainnya yaitu Haji Nuzli Arismal, Iim Rusyamsi, Agus Ali, Hasan Basri, Hertanto Widodo dan Abdul Rahman Hantiar

Komunitas ini mempunyai puluhan ribu anggota yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Sampai tahun 2013, TDA telah hadir di 61 kota di seluruh Indonesia dan di 4 negara manca, yakni TDA Singapura, TDA Hongkong, TDA Mesir, dan TDA Australia. TDA mempunyai visi membentuk pengusaha-pengusaha tangguh dan sukses yang memiliki kontribusi positif bagi peradaban.

Website TDA: tangandiatas.com
Phone: +6282 1111 21 300
Kantor Pusat: Legalo, 18 Office Park #10th Floor Lot A, Jl. TB Simatupang Kav. 18, Jakarta Selatan 12520
Facebook: https://www.facebook.com/OfficialTDA/
Instagram: https://www.instagram.com/officialtda
Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCSkJBUGkhkk_L1OqvEnzwLA

Indonesian Islamic Business Forum (IIBF)

logo iibf

IIBF adalah singkatan dari Indonesia Islami Bussines Forum. IIBF didirikan pada tahun 2009 oleh seorang pengusaha Indonesia Ir.Happy Trenggono M.Kom Founder dan CEO United Balimuda Group. Sebuah kelompok usaha multinasional yang bergerak di plantation dan consumer good, beliu juga adalah satu penerima penghargaan sebagai Tokoh Perubahan Republika 2011.

IIBF merupakan sebuah komunitas pengusaha muslim Indonesia yang misinya adalah memperbanyak jumlah pengusaha di Indonesia dari tahun ke tahun. Saat ini IIBF memiliki anggota yang tersebar di seluruh Indonesia. IIBF berkontribusi secara aktif dan luas membangun Agama, Bangsa dan Negara. Salah satu program yang terus digalakkan adalah program “Beli Indonesia, Bela Indonesia”.

Diantara program pembinaan rutin yang dilakukan oleh IIBF adalah pelatihan, diantaranya : How To Be Debt Free, Finansial Literacy, Bussines Mastery

Website IIBF: http://www.iibf-indonesia.com/
Kantor Pusat: Jl. Mampang Prapatan XIV No. 99, Jakarta Selatan – Indonesia 12790
Telp./Fax: +62-21-7994441-5 / +62-21-7994444

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI)

logo hipmi

HIPMI dibentuk sebagai wadah dunia usaha yang dapat menampung dan menghimpun aspirasi pengusaha muda Indonesia dimana mereka turut bertanggung jawab terhadap pertumbuhan ekonomi dan ketahanan nasional serta turut mencari dan membentuk identitas pengusaha nasional baik sekarang maupun yang akan datang dalam proses akselerasi dan modernisasi.

HIPMI dibentuk pada tanggal 10 Juni 1972 oleh pengusaha-pengusaha muda Indonesia saat itu seperti Abdul Latief, Datuk Hakim Thantowi, Drs. T. Syahrul, Siswono Yudohusodo, Irawan Jaya Atmadja, Badar Tando dan Pontjo Sutowo, dilatarbelakangi oleh Konferensi KADIN ASEAN yang bertujuan agar kelak dapat sejajar dengan pengusaha muda lainnya di tingkat Internasional.

HIPMI memiliki motto Pengusaha Pejuang-Pejuang Pengusaha yang bermakna bahwa kader-kader HIPMI tidak saja diharapkan menjadi pengusaha nasional yang tangguh tetapi juga menjadi pengusaha yang berwawasan kebangsaan dan memiliki kepedulian terhadap tuntutan nurani rakyat.

Global Entrepreuner Profesional (GenPro)

logo genpro

Genpro adalah komunitas pengusaha profesional yang memiliki tujuan sama dalam membangun peradaban dunia. Jaringan profesional di semua jenis usaha dan berjejaring untuk saling bersinergi menguatkan satu sama lain.

GenPro singkatan dari Global Entrepreuner Profesional GenPro sendiri berasal dari 2 kata yakni Gen dan Pro. Gen : Gen, Genus, Generasi. Pro : Produktif, Proaktif, Profesional. GenPro memiliki makna : Generasi Pengusaha Muslim yang Produktif, Proaktif dan Profesional. GenPro memiliki visi menjadi organisasi pengusaha yang kokoh, melahirkan entrepreneur muslim sebagai penyokong peradaban dunia.

Website: https://genpro.id/
Instagram: https://www.instagram.com/genproid/
Sahabat GenPro App: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sahabatgenpro.apps

Komunitas Bisnis dan Pengusaha Online

Ada banyak sekali komunitas bisnis dan pengusaha online yang saat ini ada. Jumlahnya ratusan bahkan ribuan. Kamu bisa memilih salah satu diantaranya sesuai dengan minat dan bisnis yang saat ini kamu jalani. Bergabunglah di grup grup whatsapp, facebook, dan forum forum lainnya.

Oke sahabat entrepreneur, itulah beberapa komunitas bisnis dan pengusaha yang dapat kamu ikuti. Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas bisnis dan pengusaha yang ada di daerahmu. Saya yakin ada banyak sekali komunitas-komunitas yang ada di disana, kamu cari, dan bergabunglah. Sesuaikan dengan minat dan bisnis yang saat ini kamu jalani. Semoga bermanfaat

Leave A Reply

Your email address will not be published.