5 Cara Membangun Mindset Bisnis, Entrepreneur Harus Tahu

0 1,913

Untuk mengembangkan bisnis seorang entrepreneur harus memiliki mindset yang benar. Mindset atau pola pikir seorang entrepreneur sangat menentukan nasib bisnis yang telah dibangunnya dimasa yang akan datang.  Kalau mindsetnya benar aksinya benar, kalau aksinya benar maka hasilnya akan sesuai dengan yang diharapkan. Demikian pula sebaliknya, kalau mindsetnya bermasalah, aksinya jadi setengah-setengah, bisnis jadi bermasalah dan akhirnya bubrah

Kekuatan mindset seorang entrepreneur memiliki pengaruh yang sangat kuat pada bisnis yang dijalankan. Nasib bisnis kita dibatasi oleh pikiran kita sendiri. Your mindset the ceiling of how high you rise, Mindset yang kita miliki akan menjadi pembatas, menjadi plafon tertinggi dari pencapaian bisnis kita di masa depan. Oleh karena itu seorang entrepreneur harus berani berpikir besar. Tetapkan target-target yang tinggi yang akan dicapai di masa depan, kemudian yakini di dalam hati dan hidupkan di dalam pikiran.

Pikiran besar itu akan memberikan ruang bagi Anda untuk tumbuh semakin hebat setiap harinya. Semesta pikiran Anda akan meluas dan kemampuan gerak Anda akan semakin kuat. Pada waktunya nanti Anda akan terkejut dengan keberhasilan meraih hal-hal yang sebelumnya Anda anggap mustahil. Lalu pertanyaannya, bagaimana cara menjaga dan meningkatkan mindset bisnis agar bisa bertahan dan bertumbuh?

Berikut ini 5 Cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan mindset bisnis Anda

1. Fokus pada Tujuan bisnisnmu

Tujuan Bisnis

Mengapa Anda berbisnis? Apa tujuan atau target yang ingin dicapai?. Sangat penting bagi Anda untuk menemukan alasan mengapa Anda berbisnis dan menetapkan tujuan atau target yang ingin dicapai. Alasan yang kuat akan menjadi energi pendorong Anda untuk terus maju, Tujuan dan target yang jelas akan memberi Anda arah kemana Anda harus bergerak.

Tuliskan, Tuliskan, tuliskan… alasan dan tujuan Anda berbisnis. Ingatkan diri Anda setiap hari mengapa Anda berada dalam bisnis ini sekarang, alasan mengapa Anda melakukannya, dan mengapa hal itu penting bagi Anda.

Hal tersebut akan menjaga kita tetap tegar, tetap kuat. Ingat, jalan entrepreneur bukanlah jalan yang mudah, jalannya berliku, dan kita harus senantiasa siap menghadapi tantangan, perubahan dan ketidakpastian. Kabar baiknya… kalau kita kuat dan berhasil melaluinya, kehidupan suksesmulia akan menjadi milik kita. Teruslah bergerak, pastikan setiap waktu kita semakin dekat dengan tujuan yang ingin dicapai. Lakukan perbaikan terus-menerus dalam prosesnya, sempurnakan ikhtiar kuatkan tawakal.

2. Jadilah Pembelajar sepanjang hayat

Tujuan-tujuan besar, target-target yang tinggi, dan perubahan yang terjadi mengharuskan seorang entrepreneur untuk mencari cara dan membuat strategi terbaik untuk bisa survive dan mencapai tujuan/target yang telah ditetapkan. Untuk itu, seorang entrepreur harus senantisa terus belajar, meningkatkan pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skills) serta membangun sikap yang dibutuhkan (attitude).

Luangkan waktu untuk membaca buku, pelajari fakta dan data, ikuti seminar, ikuti pelatihan, dan carilah mentor yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan saat ini. Belajar, Action, belajar lagi, action lagi… dengan demikian sebesar apapun tujuan dan setinggi apapun target dapat kita capai, karena dengan belajar kita akan menemukan cara dan jalan terbaik untuk mewujudkannya. Tidak ada yang tidak mungkin untuk dicapai kalau kita tahu caranya.

3. Atur Waktu Anda

Setiap orang memiliki waktu yang sama, 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam sepekan. Namun, mengapa setiap orang memiliki tingkat pencapaian yang berbeda?. Jawabannya terletak pada bagaimana mereka menggunakan waktu yang mereka miliki. Bagi seorang entrepreneur waktu adalah aset yang sangat berharga. Karena itu, ia akan mengunakannya dengan baik setiap detiknya untuk hal yang produktif.

Atur waktu Anda dengan membuat jadwal aktivitas harian. Buatlah daftar tugas yang harus anda selesaikan setiap hari. Disiplinlah dalam dalam pelaksanaannya. Jangan pernah menunda apa yang bisa dikerjakan hari ini. Hal ini akan membantu anda tetap produktif. Pastikan aktivitas-aktivitas yang Anda lakukan semakin mendekatkan Anda pada tujuan yang ingin dicapai.

4. Lakukan Penyempurnaan Terus Menurus, perbaiki prosesnya

Continuous Improvement

Lakukan evaluasi secara berkala terhadap aktivitas yang Anda lakukan. Evaluasi harian, mingguan, bulanan, dan tahunan terhadap aktivitas bisnis yang Anda lakukan. Jujurlah dalam mengevaluasi. Andalah yang paling tahu apakah aktivitas yang dilakukan berhasil atau tidak berhasil mengantarkan Anda pada pada target yang ingin dicapai.

Jika cara yang Anda lakukan berhasil maka berikutnya tingkatkan kualitas prosesnya, mengapa? Agar hasil yang diperoleh semakin baik dan bisnis Anda terus tumbuh. Kalau cara yang Anda lakukan tidak berhasil cari tau apa penyebabnya lalu ubah cara melakukannya.  Rencanakan apa yang akan anda lakukan, lakukan apa yang sudah rencanakan, cek dan evaluasi apakah yang Anda lakukan sudah sesai dengan rencana, Lakukan perbaikan dan peningkatan, buat rencana tindak lanjut lalu laksanakan. Demikian seterusnya

Dengan minset seperti ini maka Anda akan terus tumbuh dan bisnis Anda akan terus berkembang.

5. Jadikan Bisnis Sebagai Wasilah untuk Ibadah

menolong orang

Bisnis itu bukan hanya tentang menghasilkan banyak uang tapi juga tentang manfaat yang bisa kita berikan, untuk keluarga, teman, saudara, tetangga, dan umat. Tanamkan ini dalam mindset bisnis Anda.

Dewa Eka Prayoga dalam buku “Dijamin Pengasilan 10 Juta Perbulan” bada bab Pondasi Bisnis Milyaran menyampaikan bahwa “Bisnis itu bukan tujuan, tetapi sebuah jalan membangun kekayaan, yang dengan kekayaan itu membuat kita bisa melakukan banyak kebaikan… Jika bisnis tidak dijadikan wailah, bisnis akan menjadi masalah”.

Ingat,ingat, ingat pesan Suri Tauladan Terbaik kita Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

Mari tanamkan ini dalam minset bisnis dan tindakan kita. Jadilah seorang pengusaha, seorang entrepreneur yang bisnisnya bukan hanya untuk dirinya, tapi juga untuk membangun ekonomi dan mensejahterakan umat, bangsa dan negara kita tercinta Indonesia.

Demikianlah 5 Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mindset bisnis kita. Jika mindset bisnisnya benar, bisnis jadi lancar, besar, berkah dan manfaat. Your mindset the ceiling of how high you rise. Mindset bisnis Anda menentukan seberapa tinggi Anda akan naik kelas. Terus belajar dan kembangkan diri Anda. Semoga bermanfaat. Salam Bisnis dan Entrepreneurship

Leave A Reply

Your email address will not be published.